Minggu, 07 Oktober 2012

Teknologi Masa Kini & Masa Depan

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana teknologi telekomunikasi 10 tahun ke depan? Teknologi telekomunikasi mengalami kemajuan yang sangat pesat beberapa tahun terakhir ini, dan akan semakin melesat perkembangannya dalam 10 tahun mendatang. Industri-industri telekomunikasi saling berlomba untuk menciptakan alat atau aplikasi canggih untuk memudahkan pekerjaan manusia. Aplikasi telekomunikasi di masa kini dan masa mendatang didominasi oleh penerapan artificial intelligent (kecerdasan buatan), dan teknologi semantic web. Definisi kecerdasan buatan menurut H. A. Simon [1987] adalah “Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia adalah- cerdas”.
Salah satu bentuk yang ditawarkan oleh artificial intelligence dalam teknologi komunikasi adalah A-Life (Artificial Life). A-life merupakan salah satu studi teknologi komunikasi berbasis Artificial Intelligence yang membahas tentang sistem kehidupan buatan dan prosesnya dalam teknologi komunikasi komputer. Salah satu contohnya adalah dalam game komputer. Contoh game komputer Artificial life adalah The Sims. Pemain dari The Sims dapat menentukan warna kulit, bentuk badan yang diinginkan, sifat/kepribadian yang dapat di-adjust, jenis pekerjaan yang diinginkan secara virtual. Pemainnya juga dapat menentukan bagaimana cara tokoh The Sims-nya bersosialisasi, serta mengatur mood The Sims. Biasanya, pemain akan tenggelam dalam permainan tersebut, terlibat secara mendalam di dunia virtualnya.
The Sims
Contoh artificial intelligent yang merupakan computer vision  adalah Xbox 360 Kinect Project Natal keluaran Microsoft dimana dalam memainkan game atau aplikasi didalamnya tidak diperlukan alat kendali apapun. Game Xbox 360 Kinect akan mengenali gerak tubuh, suara, menscan benda/objek nyata untuk dipilih dan dimainkan di Xbox 360.  Game Xbox 360 dapat dimainkan serta berinteraksi dengan orang-orang di lokasi berbeda pada saat bersamaan serta dapat menjadi tim atau lawan main dengan pemain di lokasi berbeda. Selain untuk game, Xbox juga terdapat aplikasi untuk memilih dan memutar film, bahkan dapat berinteraksi dengan teman (video conference), serta dapat juga melakukan simulasi pemilihan baju. Mungkin masih banyak aplikasi lain yang ada didalam Xbox 360 Kinect. Sungguh teknologi telekomunikasi yang luar biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar